Friday, November 3, 2017

Mekanisme Lomba SMA


SCI Fun Competition terdiri dari 3 babak lomba yaitu :
1. Fun Paper Olympic (PENYISIHAN)
  • Jumlah soal tergantung mata pelajaran
  • Durasi waktu 30 menit
  • Sistem Penilaian
K = -1;             B = +4;            S = -2
  • Babak penyisihan dilakukan dengan sistem paket :
  1. Matematika dan geografi
  2. Kimia dan Ekonomi  
  3. Fisika dan Biologi
  •  Sistem paket adalah kelompok mapel yang tesnya dilakukan diwaktu yang sama
  •  Setiap peserta dapat mengikuti maksimal 2 mapel pada babak penyisihan berdasarkan sistem paket yang dipoint sebelumnya
     Contoh : jika siswa memilih matematika, berarti siswa tidak boleh mengikuti geografi
  • Jumlah peserta yang dinyatakan lolos ke babak selanjutnya setiap mapel adalah 21 orang nilai tertinggi
  • Untuk peserta posisi terendah yang memiliki nilai yang sama, maka akan mengikuti play off
  • Jika pada mapel tertentu atau samua paket lomba ternyata mendapatkan nilai minus, maka dinyatakan selesai tanpa pemenang
  • Segala mekanisme lomba tetap wajib diikuti oleh peserta meski hanya tersisa 1 orang saja yang memiliki nilai plus pada babak penyisihan
2. Total Point Games (SEMI FINAL)
  •  Peserta yang dinyatakan lolos dibabak ini adalah mereka yang memiliki nilai plus pada babak sebelumnya 
  • Setiap peserta yang lolos ke babak ini akan mendapatkan tambahan point sebesar 50 point 
  • Point pada babak ini akan dikonversi kedalam bentuk pecahan-pecahan koin sesuai dengan jumlah poin yang dimiliki
- Sistem Total Point Games 
  • Total Point games merupakan pengembangan dari sistem tender games 
  • Peserta akan ditempatkan pada 3 meja tender yang berbeda sesuai dengan hasil lot oleh panitia 
  • Setiap meja akan di handle oleh 1 komandan tender 
  • Setiap soal memiliki poin 10 yang wajib ditendder peserta 
  • TENDER :
  1.  Tender I: Komandan memaparkan clue 
  2. Tender II: Komandan menampilkan soal  selama 15 detik 
  • Pemenang tender akan mengerjakan soal selama 5 menit
Catatan :
  1. Peserta berhak menender soal yang diberikan komandan 
  2. Tender tertinggi yang berhak untuk menjawab soal 
  3. Setiap peserta hanya berhak melewatkan 3 kali putaran soal
    3. BABAK FINAL 
    Babak final ini terdiri dari Stage yang menuntut peserta memilih strategi terbaik untuk memperoleh point, mempertahankan point dan mempertaruhkan point.Peserta dengan Point tertinggi hingga akhir babak dinyatakan sebagai pemenang.
    • STAGE I (GET YOUR POINT’s)
    1. Babak final terdiri dari  lima peserta yang dinyatakn lolos pada babak semi final
    2. Setiap peserta akan mengerjakan soal pada setiap amplop secara bertahap
    3. Amplop pertama bernilai 50, amplop kedua bernilai 100, amplop ketiga bernilai 150, amplop keempat bernilai 200, dan amplop kelima bernilai 250
    4. Soal yang ada pada setiap amplop dikerjakan dalam waktu 5 menit, begitu pula amplop selanjutnya sampai amplop terakhir
    • STAGE II (CEPAT TEPAT)
    1. Pada stage kedua peserta lomba mengikuti babak rebutan cepat tepat dengan menggunakan bel
    2. Setiap peserta yang dapat menjawab dengan benar soal yang diberikan akan mendapat poin sesuai dengan yang ditentukan panitia
    3. Peserta yang menekan bel dengan cepat berhak untuk menjawab soal selama 3 menit
    4. Peserta yang menjawab soal salah akan mendapat pengurangan poin sesuai dengan poin soal yang ditentukan panitia
    5. Peserta yang berhak melaju ke stage III adalah peserta yang mendapat poin Positif
    6. Jika di akhir stage II, tidak ada peserta yang memiliki point POSITIF, maka lomba di nyatakan selesai Tanpa Pemenang
    • STAGE III (RODA PUTAR)
    1. Stage III merupakan tahapan terakhir dari babak Final dengan sistem roda berputar
    2. Roda Putar ini berisi beberapa point yang berbeda-beda
    3. Peserta akan memutar dengan syarat putaran harus melebihi 360o putaran
    4. Saat roda berhenti dan menunjuk POINT tertentu pada pada papan roda, maka peserta wajib menjawab soal yang nilai point nya sama dengan point yang ditunjuk pada roda putar tersebut.
    5. Peserta di beri waktu tertentu untuk menjawab soal yang diberikan
    6. Peserta yang jawabannya BENAR akan mendapatkan nilai sebesar point yang di tunjukkan oleh papan roda putar tersebut dan sebaliknya jika jawaban peserta SALAH maka akan mendapatkan pengurangan Nilai sebesar point yang di tunjuk oleh papan roda puta..
    7. Peserta mempunyai 2 kali kesempatan memutar sebagai pertimbangan untuk menjadi pemenang
    8. Papan Roda Putar  terdiri atas delapan bagian yaitu : Start, 100, 300, 500, (B x 2 )(B : 2), 400, 200, dan (mundur 2x)
    Catatan :
    1. Start : merupakan awal untuk memutar Papan Roda. Peserta akan memutar kembali Roda jika papan roda berhenti di bagian “start” lagi.
    2. (B x 2 )(B : 2) : jika peserta mendapat “(B x 2 )(B : 2)” maka peserta yang menjawab dengan benar soal yang diberikan poin akan dikali dua dan apabila salah maka poin akan dibagi dua.
    3. (mundur 2x)   : jika peserta mendapat “(mundur 2x)” maka papan roda peserta akan di putar mundur dua kali dari tempat sebelumnya

      http://scindonesiafuncompetition.blogspot.co.id/p/mekanisme-lomba-sma.html

    0 comments:

    Post a Comment