Wednesday, October 10, 2018

MEKANISME LOMBA SCI FUN COMPETITION JILID II TINGKAT SMA

Kategori lomba SCI Fun Competition terbagi menjad 2, yaitu :

  1. Individu, bidang study yang dilombakan matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, dan geografi
  2. Tim, terdiri dari 6 siswa/team
Catatan :
  1. Individu : Peserta yang direkomendasi oleh sekolah maupun bukan rekomendasi tetapi tetap diutus oleh sekolah yang bersangkutan.
  2. Tim        : Peserta yang berasal dari sekolah yang sama maupun dari sekolah yang berbeda yang membentuk team.
  3. Pasangan bidang study yang dilombakan dalam waktu yang bersamaan : 

  • Matematika bersamaan dengan Geografi
  • Kimia bersamaan Ekonomi
  • Fisika bersamaan Biologi

  1. Individu

Kategori lomba individu SCI Fun Competition terdiri dari 3 babak lomba, yaitu :



  1. Fun Paper Olympic (PENYISIHAN)
  • Jumlah soal tergantung mata pelajaran.
  • Mata pelajaran yang dilombakan yaitu matematika,biologi, fisika, kimia, ekonomi dan geografi
  • Durasi waktu 30menit
  • Sistem Penilaian
K = -1;             B = +4;            S = -2
  •  Setiap peserta dapat mengikuti maksimal 2 mapel pada babak penyisihan.
  • Jumlah peserta yang dinyatakan lolos ke babak selanjutnya setiap mapel adalah 21 orang nilai tertinggi.
  • Untuk peserta posisi terendah yang memiliki nilai yang sama, maka akan mengikuti play off
  • Jika pada mapel tertentu atau samua paket lomba ternyata mendapatkan nilai minus, maka dinyatakan selesai tanpa pemenang
  • Segala mekanisme lomba tetap wajib diikuti oleh peserta meski hanya tersisa 1 orang saja yang memiliki nilai plus pada babak penyisihan
2. Total Point Games (SEMI FINAL)
  •  Peserta yang dinyatakan lolos dibabak ini adalah mereka yang memiliki nilai plus pada babak sebelumnya yang berjumlah 21 orang
  • Setiap peserta yang lolos ke babak ini akan mendapatkan tambahan point sebesar 50 point 
  • Point pada babak ini akan dikonversi kedalam bentuk pecahan-pecahan koin sesuai dengan jumlah poin yang dimiliki
- Sistem Total Point Games 
  • Total Point games merupakan pengembangan dari sistem tender games 
  • Peserta akan ditempatkan pada 3 meja tender yang berbeda sesuai dengan hasil lot oleh panitia 
  • Setiap meja akan di handle oleh 1 komandan tender 
  • Setiap soal memiliki poin 10 yang wajib ditendder peserta 
  • TENDER :
  1. Tender I: Komandan memaparkan clue (pokok materi)
  2. Tender II: Komandan menampilkan soal  selama 15 detik 
  • Pemenang tender akan mengerjakan soal selama 5 menit
Catatan :
  1. Peserta berhak menender soal yang diberikan komandan 
  2. Tender tertinggi yang berhak untuk menjawab soal 
  3. Setiap peserta hanya berhak melewatkan 3 kali putaran soal. jika lebih dinyatakan gugur
  • Peserta yang lolos sebanyak 5 orang yang memperoleh poin tertinggi dari akumulasi seluruh meja
    3. BABAK FINAL 
    Babak final ini terdiri 3 tahap, yaitu :
    • STAGE I (GET YOUR POINT’s) dan RODA PUTAR
      Peserta akan diberi kesempatan untuk memilih 2 pilihan pada stage 1, yaitu Get Your Point atau Roda Putar

    1. GET YOUR POINT'S
    • Babak final terdiri dari  lima peserta yang dinyatakn lolos pada babak semi final
    • Setiap peserta akan mengerjakan soal pada setiap amplop secara bertahap
    • Amplop pertama bernilai 50, amplop kedua bernilai 100, amplop ketiga bernilai 150, amplop keempat bernilai 200, dan amplop kelima bernilai 250
    • Soal yang ada pada setiap amplop dikerjakan dalam waktu 5 menit, begitu pula amplop selanjutnya sampai amplop terakhir

         2. RODA PUTAR
    • Roda putar berisi beberapa point yang berbeda-beda.
    • Peserta akan memutar dengan syarat putaran harus melebihi 360 derajat putaran
    • Saat roda berhenti dan menunjuk POINT tertentu pada papan roda, maka peserta wajib menjawab soal yang nilai pointnya sama dengan point yang ditunjuk pada roda putar tersebut
    • Peserta di beri waktu tertentu untuk menjawab soal yang diberikan.
    • Peserta yang jawabannya BENAR akan mendapatkan nilai sebesar point yang di tunjukan oleh papan roda putar tersebut dan sebaliknya jika jawaban peserta SALAH maka akan mendapatkan pengurangan nilai sebesar point yang ditunjuk oleh papan roda putar.
    • Peserta mempunyai 3 kali kesempatan memutar
    • Papa Roda Putar terdiri atas delapan bagian yaitu; Start, 200, 300, 400, 500, 600, 700, dan kesempatan (PUTAR LAGI)
    Catatan :
    • Start : merupakan awal untuk memutar Papan Roda. Peserta akan memutar kembali Roda jika papan roda berhenti dibagian "START" lagi.
    • (PUTAR LAGI) : jika peserta mendapat "PUTAR LAGI" makan papan roda peserta akan diputar kembali dari tempat sebelumnya.

    • STAGE II (CEPAT TEPAT)
    1. Pada stage kedua peserta lomba mengikuti babak rebutan cepat tepat dengan menggunakan bel
    2. Setiap peserta yang dapat menjawab dengan benar soal akan mendapatkan poin 100, sebaliknya jika salah diberi point -100.
    3. Peserta yang menekan bel dengan cepat berhak untuk menjawab soal selama 3 menit
    4. Peserta yang berhak melaju ke stage III adalah peserta yang mendapat poin Positif (+)
    5. Jika di akhir stage II, tidak ada peserta yang memiliki point POSITIF, maka lomba di nyatakan selesai Tanpa Pemenang
    • STAGE III ( TENDER GAME)
    1. Pada babak tender yang dimaksud adalah tender waktu
    2. Sebelum peserta diberikan waktu menender soal, maka terlebih dahulu akan diperlihatkan clue soal
    3. Stelah clue soal diperlihatkan makan peserta akan berebut untuk menender waktu pengerjaan soal
    4. Waktu tender soal paling lama 5 menit dan paling cepat 30 detik.

    2. Tim
    Kategori lomba tim SCI Fun Competition terdiri dari 3 babak lomba, yaitu :
    1.   Fun Paper Olympic (PENYISIHAN)

    • Peserta tim akan mengerjakan soal yang berada dalam amplop
    • Jumlah soal sebanyak 15 nomor untuk semua mata pelajaran
    • Mata pelajaran yang dilombakan yaitu matematika, biologi, fisika, kimia, dan ekonomi
    • Durasi waktu 30 menit
    •  Sistem Penilaian
               K = -1;        B = +4;             S = -2
    • Semua tim yang memiliki nilai positif (+) dinyatakan lolos
         2. Estafet Game (SEMI FINAL)
    •  Estafet Game adalah babak semi final pada SCI FUN COMPETITION tingkat kategori lomba tim SMA
    • Soal yang diberikan akan berpindah dalam waktu 2 menit dalam satu tim
    •  Jumlah soal sebanyak 20 nomor
    • Waktu yang diberikan untuk menjawab adalah 2 menit setiap soal
    • Tim yang berada di 3 peringkat teratas dinyatakan lolos untuk babak selanjutnya (Final)

    3.      BABAK FINAL
    JUMLAH TEAM YANG MASUK BABAK FINAL SEBANYAK 3 TEAM
     STAGE I (GET YOUR POINT’S)
    • Tiap team akan mendapatkan amplop
    • Durasi waktu mengejakan soal selama 10 menit

    STAGE II ( RODA PUTAR )
    • Roda putar terdiri dari 8 bagian, yakni; Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, Ekonomi, Geografi, Bebas memilih, dan Star
    • Setiap soal yang dijawab benar bernilai 200, dan jika jawaban salah maka pengurangan poin 100
    • Setiap team berkesempatan memutar roda sebanyak 6x

    STAGE III ( TENDER NILAI )
    • Pada babak tender yang dimaksud adalah tender poin / nilai
    • Sebelum peserta diberikan waktu menender soal, maka terlebih dahulu akan diperliahatkan clue soal.
    • Setelah clue soal diperlihatkan maka peserta akan berebut untuk menender poinnya.
    • Team dengan tender point tertinggi berhak mengerjakan soal
    • Peserta bebas menender poin yang dimiliki, jika benar akan mendapatkan tambahan nilai sesuai nilai yang dipertaruhkan, dan jika salah mendapatkan pengurangan sebesar nilai yang dipertaruhkan.

    0 comments:

    Post a Comment